Mengenal perangkat keras komputer


 Perangkat keras komputer merupakan bagian komputer yang memiliki wujud fisik, seperti kasing, central processing unit(CPU), random acces memory(RAM), monitor, mouse, keyboard, penyimpanan data komputer, graphics card, sound card, speaker dan juga motherboard.

‎Perangkat keras biasanya diarahkan oleh perangkat lunak untuk menjalankan perintah atau ‎‎instruksi‎‎ apa pun. Kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak membentuk sistem ‎‎komputasi‎‎ yang dapat digunakan, meskipun ‎‎sistem lain‎‎ hanya ada dengan perangkat keras.‎

Berikut pembahasan dari beberapa perangkat keras komputer :

A. Casing komputer


Casing komputer melampirkan sebagian besar komponen sistem. Ini memberikan dukungan dan perlindungan mekanis untuk elemen internal seperti motherboard, disk drive, dan catu daya, dan mengontrol dan mengarahkan aliran udara pendingin ke komponen internal. Kasing ini juga merupakan bagian dari sistem untuk mengontrol interferensi elektromagnetik yang dipancarkan oleh komputer dan melindungi bagian internal dari pelepasan elektrostatik. Casing menara besar menyediakan ruang untuk beberapa disk drive atau periferal lain dan biasanya berdiri di lantai, sementara casing desktop memberikan ruang ekspansi yang lebih sedikit. Desain gaya all-in-one mencakup tampilan video yang dibangun ke dalam casing yang sama. Komputer portabel dan laptop memerlukan casing yang memberikan perlindungan benturan bagi unit. Orang-orang juga dapat menghias kasing dengan lampu berwarna, cat, atau fitur lainnya, dalam aktivitas yang disebut ‎‎case modding.

B. CPU

‎CPU‎‎ (central processing unit), yang melakukan sebagian besar perhitungan yang memungkinkan komputer berfungsi, dan disebut sebagai otak komputer. Dibutuhkan instruksi program dari ‎‎random-access memory‎‎ (RAM), menafsirkan dan memprosesnya dan kemudian mengirimkan kembali hasil sehingga komponen yang relevan dapat melakukan instruksi. CPU adalah ‎‎mikroprosesor‎‎, yang ‎‎dibuat‎‎ pada chip Integrated circuit (IC) ‎‎Metal-Oxide-Semiconductor (MOS). Biasanya ‎‎didinginkan‎‎ oleh heatsink dan kipas, atau sistem pendingin air. Banyak CPU yang lebih baru menyertakan ‎‎graphics processing units (GPU) on-die. ‎‎Clock speed‎‎ CPU mengatur seberapa cepat ia menjalankan instruksi dan diukur dalam GHz; nilai tipikal terletak antara 1 GHz dan 5 GHz. Banyak komputer modern memiliki opsi untuk melakukan overclock CPU yang meningkatkan kinerja dengan mengorbankan output termal yang lebih besar dan dengan demikian kebutuhan untuk pendinginan yang lebih baik.‎

C. Random Acces Memory (RAM)

Random Acces Memory‎ (RAM), yang menyimpan kode dan data yang sedang diakses secara aktif oleh CPU. Misalnya, ketika browser web dibuka di komputer, itu memakan memori; ini disimpan dalam RAM sampai browser web ditutup. Ini biasanya merupakan jenis ‎dynamic ram(DRAM), seperti ‎‎sycnchronous DRAM‎ (SDRAM), di mana MOS memory chip‎ menyimpan data pada ‎‎sel memori‎‎ yang terdiri dari MOSFET dan ‎‎kapasitor MOS‎‎. RAM biasanya hadir pada ‎‎Dual ‎in line memory module‎ (DIMM) dalam ukuran 2GB, 4GB, dan 8GB, tetapi bisa jauh lebih besar.

D. Penyimpanan data komputer

Penyimpanan data komputer (bahasa Inggris: Computer data storage) atau sering disebut sebagai memori komputer, merujuk pada komponen komputer, perangkat komputer, atau media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa jangka waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu dari tiga fungsi inti komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Peranti ini merupakan salah satu komponen dasar yang ada pada semua komputer modern, memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an.

Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan memori akses acak (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk lainnya yang lebih cepat tetapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Namun istilah "penyimpanan komputer" sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis (seperti halnya cakram keras), dan jenis media penyimpanan lain yang lebih lambat ketimbang RAM, tetapi memiliki sifat lebih permanen, seperti memori kilat.

E. Motherboard

Motherboarsecara khusus berarti PCB dengan kemampuan yang dapat diperluas. Seperti namanya, papan ini sering disebut sebagai "ibu" dari semua komponen yang menyertainya, yang sering kali mencakup periferal, kartu antarmuka, dan daughtercards: kartu suarakartu video, kartu jaringanhard drive, dan bentuk lain dari penyimpanan persisten; Kartu TV tuner, kartu yang menyediakan slot USB atau FireWire ekstra; dan berbagai komponen kustom lainnya.

F. Soundcard

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Sound Card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

Salah satu contoh Sound Card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.


Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, tetapi sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang sudah 64 bit. 

G. GPU
Unit pemroses grafis (graphics processing unit/GPU), adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori dengan cepat guna mempercepat pembuatan gambar dalam frame buffer yang ditujukan untuk keluaran ke tampilan perangkat. GPU digunakan dalam sistem tertanamponselkomputer pribadiworkstation, dan konsol permainan. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi grafik komputer dan pemrosesan gambar. Strukturnya yang sangat paralel membuatnya lebih efisien daripada CPU untuk keperluan algoritma yang memproses blok besar data secara paralel. Di komputer pribadi, GPU dapat hadir pada kartu video atau tertanam pada papan induk (motherboard). Pada CPU tertentu, mereka tertanam pada die CPU.

Comments